Translate

Monday, October 31, 2011

PEMBENTUKKAN KARAKTER MANUSIA SELAMA 10 HARI


Daniel dan teman-temannya sudah mengetahui khasiat dari makan sayuran saja atau vegetarian.  Oleh karena itu mereka meminta waktu selama 10 hari untuk mencoba makanan sederhana mereka itu. Kitab Daniel pasal 1 sbb:
ü  1:12 "Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum;
ü  1:13 sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu."

Kalau kita menyimak seluruh Firman Allah, tidak ada hal yang kebetulan ditulis disini.  Semuanya adalah sangat penting dan harus disimak maksud-maksudnya.  Salah satunya adalah bahwa Allah memberikan kepada manusia untuk bisa membentuk karakter dalam 10 hari tanpa terputus.

Daniel tidak sekedar mengucapkan kepada pegawai Nebukadnezar agar memberikan waktu 10 hari untuk menguji kebenaran dalam hal makanan yang dimakan, tetapi itu semua adalah ilham dari Allah untuk menyampaikan pekabaran yang lebih besar lagi kepada umat manusia dalam pembentukan karakter.
Jika kita ingin memiliki karakter yang baru dan benar, kita harus dengan sungguh-sungguh dan tidak terputus, selama 10 hari mencobanya.  Walaupun pada awalnya kita tidak sempurna, tapi harus dicoba terus menerus.  Jika telah sempurna selam 10 hari kita menjalankannya dengan tidak ada yang gagal, maka apa yang kita lakukan akan menjadi karakter kita.

Sebagai contoh, jika kita suka marah-marah, lalu kita ingin menjadi  suka senyum atau ramah;  berlakulah ramah dan tidak marah-marah selama 10 hari tanpa henti dan tidak ada kegagalan, maka itu akan menjadi karakter kita yang tidak akan gagal lagi.  Inilah cara yang telah ditunjukkan oleh Alkitab atau Allah dalam merubah karakter yang tidak sesuai dengan kehendak Allah menjadi sesuai dengan kehendak Allah.

MENGAPA DANIEL DAPAT MELAKUKAN PERTARAKAN ATAU BERANI BERSIKAP DIHADAPAN NEBUKADNEZAR

Pena Inspirasi mengatakan bahwa apa yang dilakukan Daniel dan juga teman-temannya bukanlah sekedar saja atau spontan dilakukan.

·         Daniel dan teman-temannya telah dididik oleh orang tua mereka kepada kebiasaan-kebiasaan bertarak dengan ketat  (PNR,2, 570)

·         Tak ada kuasa, tak ada pengaruh, yang dapat menggoyahkan mereka dari prinsip-prinsip yang dipelajari mereka sejak dari kecil dengan mempelajari firman dan pekerjaan Allah. (PNR,2, 571)
1 Samuel 2:30  berkata bahwa :

2:30 Sebab itu -- demikianlah firman TUHAN, Allah Israel -- sesungguhnya Aku telah berjanji: Keluargamu dan kaummu akan hidup di hadapan-Ku selamanya, tetapi sekarang -- demikianlah firman TUHAN --: Jauhlah hal itu dari pada-Ku! Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah.

No comments:

Post a Comment

Thanks for comments. We will be back soon..

Free automatic backlinks